Syarat Membuat Akta Perkawinan di Denpasar

Syarat Membuat Akta Perkawinan di Denpasar

Menikah merupakan sebuah proses menyatukan antara laki-laki dan perempuan agar menjadi halal dan melangsungkan kehidupan rumah tangga. Proses menikah dapat dilakukan sesuai dengan syariat agama masing-masing.

Selanjutnya, yang bersangkutan (pasangan suami dan istri) wajib membuat akta perkawinan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai bentuk ketertiban dan kewajiban menjadi warga negara Indonesia yang telah menikah.

Akta perkawinan merupakan surat resmi yang diterbitkan secara resmi oleh Disdukcapil sebagai bentuk bukti hukum perkawinan yang sah. Setiap orang yang menikah wajib membuat akta nikah atau perkawinan, sebab perkawinan adalah suatu peristiwa penting yang harus dicatat oleh negara.

Syarat Membuat Akta Perkawinan di Denpasar

Bagi anda yang tinggal di kota Denpasar dan sekitarnya yang telah menikah dan ingin membuat surat atau akta perkawinan maka bisa melengkapi persyaratan dibawah ini :

  1. Surat keterangan nikah dari pemuka agama.
  2. Foto copy Akta Kelahiran kedua mempelai.
  3. Surat keterangan belum pernah menikah dari kepala desa.
  4. Foto copy KK, KTP mempelai dan dua orang saksi.
  5. Mengisi formulir pencatatan sipil dengan mengajukan permohonan.
  6. Jika sudah pernah nikah, lengkapi dengan ketetapan Pengadilan Negeri setempat tentang ijin perkawinan.

Bawa semua persyaratan itu ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Denpasar dengan alamat Graha Sewaka Dharma, Jl. Majapahit No.1, Dauh Puri Kaja, North Denpasar, Denpasar City, Bali 80231. Buka setiap hari Senin-Jumat pada pukul : 08.00 – 15.30 Wib.

Incoming search terms:

  • persyaratan surat nikah denpasar

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.