Perbedaan Cincin Kawin dan Cincin Tunangan

Perbedaan Cincin Kawin dan Cincin Tunangan

Ketika seseorang (laki dan perempuan) memiliki sebuah hubungan atas dasar suka sama suka (cinta), mereka akan saling belajar untuk bisa saling mengenal. Tahap saling mengenal biasanya di lakukan dengan cara pacaran atau melakukan taaruf secara islam.

Yang jelas pada intinya adalah bertujuan untuk melanjutkan jenjang yang lebih serius yaitu ada yang memilih untuk bertunangan dulu atau bahkan ada yang lansgung menikah dan hidup bersama dalam rumah tangga. Dalam sebuah pertunangan dan penikahan biasanya terdapat sebuah cincin khusus sebagai simbol keseriusan dan kesetiaan.

Yaitu :

  • Cincin Pertunangan bagi yang bertunangan
  • Cincin Pernikahan bagi yang menikah.

Bagi anda yang memilih untuk bertunangan sebelum menikah, maka anda perlu mewujudkan sebuah cincin pertunangan. Mungkin, anda bertanya apa perbedaan cincin nikah (cincin kawin) dengan cincin pertunangan??

Sebenarnya ini berasal dari budaya barat, dimana seorang pria yang melamar seorang wanita yang bersedia menikah dengannya maka saat itu juga lah seorang wanita diberi cincin pertunangan (pengikat) yang menandakan sebuah komitmen untuk menikah dan biasanya cincin pertunangan hanya dipakai oleh wanita.

Cincin pertunangan di pakai di jari manis tanggan sebelah kiri seorang wanita, dan cincin bisa terbuat dari emas, perak atau lainnya. Dengan menggunakan cincin pertunangan menunjukan pada orang lain bahwa tidak lama lagi dirinya akan menikah.

Sedangkan cincin pernikahan atau cincin kawin adalah sebuah cincin yang diberikan kepada wanita pada saat melangsungkan pernikahan, banyak orang yang menjadikan cincin kawin sebagai mahar atau mas kawin. Dan biasanya cincin nikah terdiri dari 2 pasang yang akan dipakai istri dan suami sebagai simbol pengikat janji untuk tetap setia.

Di Indonesia Cincin pernikahan dipakai di jari manis tangan sebelah kanan, lantas cincin pertunangan di kemaian? ada yang di gunakan secara menumpuk, ada juga yang mengalahkannya. Cincin pertungan bisa di simpan dan dapat digunakan sewaktu waktu dibutuhkan.

Kesimpulan: Cincin pertunangan menurut kami tidak lah diharuskan, tapi kalau mau diwujudkan tidak apa-apa. Namun jika keterbatasan biaya maka lebih baik wujudkan saja cincin nikah atau cincin kawin. Anda bisa membuat cincin kawin dengan model yang diinginkan dan didalam cincin di ukir nama.

Incoming search terms:

  • gambar cincin tunangan
  • foto cincin tunangan
  • cincin
  • cincin tunang
  • cincin tunangan dipakai sebelah mana
  • Cincin untuk tunangan
  • foto cincin lamaran
  • tunangan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.