7 Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun Kedepan

7 Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun Kedepan

Menikah merupakan tahap yang paling serius dalam menjalani sebuah hubungan, dimana 2 insan akan hidup bersama, yang pria akan menjadi seorang suami dan bapak bagi anak-anaknya, yang wanita akan menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya.

Menikah biasanya ditandai dengan sebuah pesta untuk mengundang sanak-saudara, teman-teman, tetangga untuk berbagi kebahagian dan memberikan doa restu kepada penganting agar menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

Untuk wujudkan pesta pernikahan yang diharapkan maka jauh-jauh hari kalian harus mempersiapkan terutama dalam segi pendanaan, kalian harus menabung hingga dana yang diperlukan tercukupi. Agar rencana anda terwujud maka ikuti 7 tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun kedepan.

1. Rencanakan Bentuk Pernikahan Kalian

Rencanakan dengan matang bagaimana bentuk pesta pernikahan yang akan kalian laksanakan, mulai dari tempat (gedung atau tarop),  jumlah tamu undangan dan makanan yang akan dihidangkan, design undangan yang akan dibagikan dll.

Sehingga kalian dapat mengukur kemampuan dan keinginan, dengan begitu anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik. Dengan anggaran yang sudah diketahui, sehingga anda dapat menabung sesuai dengan target yang akan dicapai.

2. Sisihkan Gaji Kalian untuk Pernikahan

Jika kalian berdua sama-sama bekerja, atau hanya salah satunya maka sisihkan gaji yang kamu dapatkan, sisihkan sebagian sesuai dengan target yang ingin kamu capai. Semakin besar uang yang kalian simpan maka semakin besar impian kalian untuk menikah dalam 1 tahun kedepan dapat terlaksana.

3. Ubah Kebiasaan Kencan Kalian

Ketika sedang menjalin asmara dalam sebuah pacaran biasanya para pasangan akan berkencan untuk berbincang – bincang agar lebih dekat, bahkan membahas persiapan pernikahan. Jika kalian biasanya berkencan dengan kebiasaan yang mewah, maka kalian bisa merubah nya menjadi kencan sederhana sehingga dapat menghemat pengeluaran dan bisa dialokasikan untuk keperluan lain seperti untuk foto prewedding.

4. Komitmen Menabung Rp100 ribu dalam seminggu

Buatlah komitmen dalam diri sendiri, dimana kalian dapat menyisihkan uang Rp100 ribu setiap minggu yang bisa kamu simpan dalam rekening tabungan. Dalam 1 tahun maka uang yang kamu kumpulkan bisa digunakan untuk keperluan persiapan pernikahan seperti menyiapkan gaun pengantin.

5. Cicil Pembelian Barang untuk Serah-serahan

Selain menyisihkan uang tiap bulan dari gaji yang kalian dapatkan, kalian juga bisa mencicil barang yang akan digunakan untuk harntaran pernikahan sehingga akan lebih ringan. Kalian bisa mencoba membeli 1 barang tiap bulannya. Sehingga ketika menjelang hari H maka semua sudah terpenuhi.

6. Persiapkan Cincin Sebagai Mas Kawin

Didalam sebuah pernikahan tak lepas dari yang namanya cincin kawin, kalian bisa menentukan cincin yang seperti apa untuk pernikahan kalian. Anda bisa membuat cincin menggunakan bahan emas, berlian, atau permata lainnya. Hal ini juga akan menentukan budget yang kalian butuhkan untuk membuat cincin kawin.

7. Urusan Tempat Tinggal Pasca Menikah

Setelah menikah tentu kalian akan menempati tempat tinggal yang baru dan tinggal bersama, kalian pasti sibuk untuk mencari perabotan dan furniture untuk melengkapi rumah impian kalian. Untuk awal2 agar tidak terjadi pembengkakan kalian bisa menggunakan perabit yang murah dan berkualitas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.